Lantik Kepengurusan Sulawesi Utara, Hamdan Zoelva : Syarikat Islam Tetap Fokus Penguatan di Daerah untuk Melaksanakan Catur Program

Manado, suarasi.com – “Orientasi Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam saat ini secara strategis lebih fokus pada penguatan basis-basis di cabang dengan pelaksanaan catur program,” kata Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah/Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam, Dr. Hamdan Zoelva, dalam pidatonya saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sulawesi Utara, di hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, Jum’at (4/10).

Hamdan mengatakan catur program itu meliputi pendidikan dengan menerapkan kurikulum kesyarikat islaman, di semua sekolah-sekolah Syarikat Islam atau sekolah yang berafiliasi dengan Syarikat Islam.

“Lalu, dibidang ekonomi, Pimpinan Pusat menekankan kepada Dewan Pimpinan Wilayah untuk meningkatkan pembinaan kepada Dewan Pimpinan Cabang untuk membangun koperasi koperasi dan menggalakkan usaha kecil dan menengah,” tambahnya.

Sedangkan, lanjut Hamdan, untuk hal konsolidasi organisasi, Dewan Pimpinan Pusat melakukan pembenahan struktur organisasi yang vakum, sampai ke tingkat ranting, melakukan pendataan anggota.

“Pada Majelis Takhim yang akan datang, suara cabang ditentukan oleh jumlah anggota yang terdaftar. Bagi cabang yang tidak melakukan pendataan anggota, mereka tidak memiliki hak suara pada Majelis Takhim,” tegas Hamdan.

Untuk menyikapi kondisi perpolitikan, Hamdan mengatakan bahwa Syarikat Islam menjaga jarak yang sama dengan semua kekuatan politik.

Sementara itu, Mahmud Turuis yang terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sulawesi Utara, dalam pidatonya mengajak seluruh komponen Syarikat Islam di Sulut untuk bersama, bahu membahu menjalankan catur program SI di wilayah Sulawesi Utara. “Pelantikan ini akan menjadi momentum kebangkitan Syarikat Islam,” ujarnya.

Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sulawesi Utara dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Utara, Ketua Nahdhatul Ulama Sulawesi Utara, Ketua Muhammadiyah Sulawesi Utara, kader Syarikat Islam se-Sulawesi Utara, organisasi serumpun Syarikat Islam, dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.